Sunday, August 30, 2015

Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota

Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota - Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung utara Pulau Sumatra. Provinsi yang disebut sebagai Serambi Mekah ini memiliki peran penting dalam catatan sejarah Indonesia, mulai prasejarah, zaman kerajaan, zaman perjuangan melawan bangsa Barat hingga Indonesia merdeka.

Pada zaman kerajaan, Aceh merupakan sebuah kerajaan yang besar dan kuat. Karena letaknya yang strategis perdagangan di sana telah maju pada zamannya. Pedagang dari bangsa Barat maupun bangsa Barat banyak melakukan transaksi perdagangan di Aceh. Sehingga percampuran kebudayaan Islam maupun Barat terjadi. Aceh juga tak luput dari perannya pada Proses masuknya Islam ke Indonesia. Lebih jauh mengenai Aceh pada zaman kerajaan silahkan baca artikel sejarah : Kerajaan Islam Aceh

Kembali ke pokok bahasan Peta Aceh, jika dilihat dari petanya wilayah Aceh tidak begitu luas jika dibanding dengan deretan provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Semakin ke utara wilayahnya semakin sempit. Ibu kota provinsi Aceh bernama Banda Aceh yang letaknya di ujung utara.

Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota

Batas Provinsi Aceh

Wilayah Aceh bagian utara dan timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka, bagian selatan dengan Provinsi Sumatra Utara dan bagian barat dengan Samudera Indonesia.

Dari peta Aceh di atas dapat kita lihat betapa wilayah provinsi Aceh tidak begitu besar, bahkan cenderung kecil. Namun, provinsi ini merupakan alam makmur yang menyimpan catatan sejarah Islam yang sangat besar.

Hingga admin menuliskan artikel Peta Aceh ini, provinsi tersebut dibagi dalam wilayah 18 kabupaten dan 5 kota. Bagi anda yang ingin mengetahui nama kabupaten dan kota yang ada di Aceh, berikut kami lampirkan daftarnya beserta ibu kota masing-masing kabupaten dan kota.

Daftar Kabupaten di Aceh
1. Aceh Barat, Ibu Kota : Meulaboh
2. Aceh Barat Daya, Ibu Kota : Blangpidie
3. Aceh Besar, Ibu Kota : Kota Jantho
4. Aceh Jaya, Ibu Kota : Calang
5. Aceh Selatan, Ibu Kota : Tapak Tuan
6. Aceh Singkil, Ibu Kota : Singkil
7. Aceh Tamiang, Ibu Kota : Karang Baru
8. Aceh Tengah, Ibu Kota : Takengon
9. Aceh Tenggara, Ibu Kota : Kutacane
10. Aceh Timur, Ibu Kota : Idi Rayeuk
11. Aceh Utara, Ibu Kota : Lhoksukon
12. Bener Meriah, Ibu Kota : Simpang Tiga Redelong
13. Bireuen, Ibu Kota : Bireuen
14. Gayo Lues, Ibu Kota : Blang Kejeren
15. Nagan Raya, Ibu Kota : Suka Makmue
16. Pidie, Ibu Kota : Sigli
17. Pidie Jaya, Ibu Kota : Meureudu
18. Simeulue, Ibu Kota : Sinabang

Daftar kota di Aceh
1. Kota Banda Aceh, Ibu Kota : Banda Aceh
2. Kota Langsa, Ibu Kota : Langsa
3. Kota Lhokseumawe, Ibu Kota : Lhokseumawe
4. Kota Sabang, Ibu Kota : Sabang
5. Kota Subulussalam, Ibu Kota : Subulussalam

Selengkapnya mengenai Provinsi Aceh silahkan lihat di situs resmi pemerintah Aceh yang beralamat di : acehprov.go.id

Baca juga : Perlawanan Aceh terhadap Portugis

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Aceh lengkap dengan nama provinsi dan kota, semoga menjadikan manfaat untuk lebih mengenal Provinsi Aceh.

2 comments: